Teknik Membuat Waffle dengan Mudah

Waffle merupakan jenis makanan yang sudah cukup populer di benua Eropa dan sekitarnya, yang mana saat ini sudah mulai merambah ke Negara kita, yang demikian itu nampak dari banyaknya penjualan waffle di pinggir jalan dan cafe. Salah satu jenis waffle yang sangat terkenal adalah roti waffle dari Belgia dengan nama yang bervariasi, seperti waffle pandan, blue waffle, dan dan lain sebagainya.

Waffle ialah kue yang berasal dari Belgia dan memiliki motif kotak-kotak seperti wafer. Waffle memang bukan merupakan menu khas Indonesia, namun masakan ini sangat banyak dijumpai di rumah makan yang ada di tanah air.

Ketika proses pembuatan roti waffle biasanya yang sulit untuk anda lakukan adalah menemukan pencetak khusus waffle yang memiliki karakteristik berbeda dibandingkan dengan cetakan kue lainnya. Namun untuk pembentukan adonan waffle sangat mudah dibuat, anda mampu dengan mudah untuk membuatnya.

Waffle sangat cocok disajikan untuk sarapan, kebanyakan kue waffle dihidangkan dengan topping strawberry, coklat atau lainnya sesuai selera, waffle juga biasa dinikmati bersamaan dengan kopi. Terdapat juga beberapa orang yang lebih suka mengkonsumsi waffle sebagai dessert.

Namun apakah anda sudah tahu bahwa roti waffle memiliki beraneka macam jenis?

Inilah 6 macam roti waffle yang paling terkenal di dunia :

1. Jenis-jenis waffle

Berikut ini merupakan beberapa macam roti waffle yang biasa kita jumpai di sekeliling kita. Berikut keterangannya:

American Waffles

Ini ialah jenis kue waffle yang dihidangkan di All Good. Kue waffle Amerika semakin lezat jika disiram dengan berbagai topping di atasnya, seperti:f krim, sirup, atau es krim.

Biasanya Waffle Amerika mempunyai bentuk yang lebih tipis dengan isi yang padat. Walau memiliki volume, waffle Amerika tetap mudah dipotong layaknya roti pancake.

Waffle Belgia

Belgian Waffles biasanya mempunyai berat yang ringan dengan tekstur yang agak garing. Belgian waffles mempunyai bentuk yang unik yaitu persegi panjang.

Sesungguhnya apabila melihat dari historinya, Aslinya Belgian Waffles hanya diberi gula saja tanpa dicampur topping lainnya. Penambahan topping di waffle Belgia ini dapat dikatakan telah mengkontaminasi keautentikannya.

The Li�ge waffles

Bahan The Li�ge waffles diambil dari adonan kue Brrioche yang mempunyai rasa manis. Hal itulah yang menyebabkan waffle ini terasa padat dan manis di lidah.

Waffle Hong Kong

Di negara Hong Kong, waffle biasanya dijual oleh pedagang kaki lima. Mereka bisa menikmatinya disaat kondisi hangat.

Waffle Hong Kong memiliki bentuk bulat-bulat seperti kue cubit. Penjual waffle di negara ini memiliki kebiasaan meletakan mentega, kacang, cokelat, atau gula di bagian atas waffle setelah itu barulah dilipat menjadi satu.

Scandinavian waffles

Waffle Scandinavia dicetak tipis kemudian dibentuk menyerupai hati. Setelah itu di atas Scandinavian waffle ditaburi gula, buah stoberi, selai, dan buah-buahan.

Stroopwafels

kue waffle berlatar belakang negara kincir Belanda ini ialah roti waffle tipis dicampur dengan sirup di dalamnya. Adonannya dibuat dari tepung, mentega, gula merah, ragi, susu, dan telur.

Stroopwafels ialah waffle yang dibelah menjadi dua bagian ketika masih dalam proses dipanggang. Kemudian waffle diolesi dengan gula merah, sirup, mentega, dan kayu manis yang berfungsi sebagai perekat pada kedua bagian waffle.

2. Bahan-bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Waffle

Cara membuat waffle yang akan kami paparkan ini merupakan teknik yang tidak jauh berbeda dengan teknik belgian waffles yang sudah sangat terkenal, sehingga menyebabkan waffle ini menjadi sangat renyah dan garing.

Untuk membuat waffle yang lezat dan bergizi anda memerlukan setidaknya bahan-bahan berikut ini :

a. 250 gram tepung terigu.
b. 1/20 kg margarin cair.
c. Dua gelas susu cair.
d. Setengah sendok garam dapur.
e. 3 butir kuning telur ayam.
f. 3 butir putih telur ayam.
g. Dua sendok gula pasir putih.
h. 4 sdt baking powder siap pakai.
i. Kemudian vanila powder, secukupnya.

3. Langkah-langkah Membuat Kue Waffle Spesial Lezat Garing.

a. Sediakan 2 wadah yang berbeda untuk sarana mencampurkan bahan adonan, letakan tepung, gula pasir, garam halus, bubuk vanila, dan baking powder di tempat pertama, setelah itu aduk hingga tercampur rata.
b. Setelah itu campurkan margarin cair, kuning telur dan susu cair, selanjutnya aduk sampai merata.
c. Selanjutnya larutkan adonan cair pada tempat kedua kedalam wadah pertama, setelah itu aduk sampai semua bahan tercampur dengan rata.
d. Kemudian masukan putih telur ke dalam alat mixer sampai warnanya berubah menjadi putih seperti warna busa sabun.
e. Masukan hasil mixeran putih telur kedalam wadah pertama, lalu kocok lagi sampai tercampur dengan rata.
f. Panaskan loyang waffle sambil mengolesi seluruh bagian atas loyang dengan margarin.
g. Tuangkan bahan-bahan waffle seperlunya, usahakan semua permukaan loyang tertutup dengan adonan setelah itu tutup dalam keadaan rapat.
h. Berikutnya biarkan hingga waffle matang, angkat dan oleskan semua bagian atasnya dengan beraneka macam toping yang anda sukai.
i. Berikutnya waffle lezat renyah siap untuk disajikan.
j. Biarkan adonan sampai mengembang agar nantinya tersaji waffle yang renyah dan gurih.
k. Terakhir taburkan madu, sirup mafel, es krim, selai strowberry, dan lain-lainnya tergantung selera anda.

Selamat berkreasi dan semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *